Macam - Macam Hadits, Hadits Tentang Puasa dan Sholat.



Pembagian Hadits Sesuai dengan Perbedaan Derajat :

1. Hadits Shahih

Shahih merupakan kalimat musytaq dari kalimat shahha – yashihhu – suhhan wa sihhatan artiya sembuh, sehat, selamat dari cacat, benar. Sedangkan secara istilah yaitu : Apa yang sanadnya bersambung dengan periwayatan yang adil, dhobit ( memiliki hafalan yang kuat) dari awal sampai akhir sanad dengan tanpa syadz dan tidak pula cacat.Dalam definisi tersebut dikatakan bahwa hadits dikataka shahih jika memiliki syarat-syarat sebagai berikut:

1. Sanadnya bersambung, maksudya adalah setiap rawi dari suatu riwayat hadits berajar atau bertemu langsung dari mulai awal sanad sampai akhir.
2. Rawinya adil, maksudnya adalah setiap rawi dari suatu riwayat hadits disifati sebagai muslim, baligh, berakal (sehat), bukan orang fasiq dan bukan pula Makhrumul Muruah.
3. Rawinya dhobit, maksudnya adalah setiap rawi dari suatu periwayatan hadits itu memiliki hafalan yang kuat, baik dalam hafalan berupa penalaran dan tulisan.
4. Tidak Syadz, maksudnya adalah suatu hadits yang tsiqat menyelisihi hadits yang lebih tsiqat dariya.
5. Tidak ada 'Illat (cacat), maksudnya adalah suatu hadits yang samar yang meyebutkan cacat terhadap keshahihan hadits tersebut bersamaan secara dzohir itu bebas dari cacat.

Hadits Shahih pula dibagi manjadi dua bagian:

a. Hadits Shahih Lidzatihi
Hadits shahih lidzatihi adalah hadits yang dimana memiliki semua syarat hadits shahih.
b. Hadits Shahih Lighoirihi
Hadits Shahih Lighoirihi adalah Hadits Hasan Lidzatihi[10] yang diriwayatkan dari jalur lain yang sama atau yang lebih kuat darinya.


2. Hadits Hasan

Hasan secara bahasa adalah sifat yang menyerupai dari kalimat “al-husna” artinya indah, cantik.

Hadits Shahih pula terdapat dua bagian:

a. Hadits Hasan Lidzatihi
Hadits Hasan lidzatihi adalah hadits hasan itu sendiri .
b. Hadits Hasan Lighoirihi
Hadits Hasan Lighoirihi adalah Hadits dhoif yang mempunyai jalur periwayatan yang banyak akan tetapi sebab kedhoifannya itu bukan karena fasiq ataupun pembohong.


3. Hadits Dhoif

Dhoif secara bahasa adalah kebalikan dari kuat yaitu lemah.

Adapun penyebab kedhoifannya karena beberapa hal:
1. Sebab Terputusnya sanad, akan terputus sanad pun terbagi atas 2 bagian yang perama adalah terputus secara dzhohir (nyata) :
a) Mu’allaq adalah apa yang dibuang dari permulaan sanad baik satu rawi atau lebih secara berurutan.
b) Mursal adalah apa yang terputus dari akhir sanadnya yaitu orang sesudah tabi’in (Sahabat).
c) Mughdhal adalah apa yang terputus dari sanadnya 2 atau lebih secara berurutan.
d) Munqoti' adalah apa yang sanadnya tidak tersambung.

Sedangkan yang kedua terputus secara khofi (tersembunyi) yaitu:

a. Mudallas adalah menyembunyikan cacat ('aib) pada sanadnya dan memperbagus untuk dzohir haditsnya.
b. Mursal Khofi adalah meriwayatkan dari orang yang ia bertemu atau sezaman dengannya apa yang ia tidak pernah dengar dengan lafadz yang memungkinkan ia dengar dan yang lainnya seperti qaala.

2. Sebab penyakit pada rawi

Penyakit pada rawi pun terbagi atas 2 yaitu penyakit dalam ‘adalah dan dhobit (hafalannya), adapun yang pertama penyakit pada 'adalah (ketaqwaan) yaitu:
a) Pendusta
b) Tertuduh dusta
c) Fasiq
d) Bid'ah
e) Kebodohan

Adapun penyakit pada dhobit (hafalan ) yaitu :

a) Jelek hafalannya
b) Lalai
c) Banyak
d) Menyelisihi yang tsiqat
e) Ucapan yang menipu
Dalam postingan kali ini kami mengisi banyak hadits mengenai sholat dan Puasa.


Berikut Hadits Yang Berkaitan Dengan Sholat :

Rasulullah bersabda: Hendaknya kaum-kaum atau orang-orang itu menghentikan kebiasaanya meninggalkn shalat berjamaah. sesunggguhnya Allah akan menutup mata hati mereka, kemudian mereka menjadi orang-orang yang lalai. HR Ibnu Majah 801. Shohih.


Rasulullah bersabda: Orang-orang yang jauh dan yang lebih jauh dari masjid, maka pahalanya lebih besar . HR Ibnu Majah 789. Shohih.

Rasulullah brsbd: Bergembiralah orang-orang yang berjalan di kegelapan untuk pergi ke masjid dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat kelak. HR Ibnu Majah 787. Shohih.


Rasulullah bersabda: Sesungguhnya aku mengimami shalat dan ingin mamanjangkannya, namun aku mendengar tangis bayi, maka akupun meringankan/memendekkan shalatku, karna aku tidak ingin memberatkan ibunya. HR Bukhari 707.


Rasulullah bersabda: Tidakkah salah seorang dari kalian apabila mengangkat kepalanya sebelum imam , bahwasanya Allah menjadikan kepalanya seperti kepala keledai, atau Allah merubah rupanya seperti rupa keledai. HR Bukhari 691, Muslim 427.


Rasulullah bersabda: Berwudlulah sebagaimana yang diperintahkan Allah azza wa jalla, kemudian bacalah kalimat syahadat. Lalu iqamatlah, kemudian bertakbirlah. Jika kau punya hafalan qur'an, maka bacalah. Jika tidak, maka bacalah hamdalah, takbir atau tahlil. HR Abu Dawud 861. Shohih.

Rasulullah bersabda: Apabila imam sedang membaca ayat, maka diam dan dengarkan. HR Ibnu Majah 845. Shohih
"Barangkali kalian membaca ayat di belakang imam ketika imam sedang membaca ayat?" Para sahabat menjawab: Benar, Kami melakukannya. Beliau bersabda: "Jangan kalian lakukan, melainkan jika salah seorang dari kalian membaca Al-fatihah . HR Ahmad 20619. Shohih


Rasulullah bersabda: Tidak sah shalat seorang yang tidak membaca surat Al-fatihah dalam shalatnya. HR Ibnu Majah 844. Shohih.
"Setiap shalat yang tidak dibcakan Al fatihah didilamnya, maka shalat tersebut tidak sempurna." HR Ibnu Majah 847. Shohih


Rasulullah bersabda: Tidaklah seorang muslim yang berdiam di masjid-masjid untuk shalat dan dzikir, melainkan Allah akan menyambutnya sebagaimana keluarga yang ditinggalkan menyambut kedatangannya. HR Ibnu Majah. 807. Shohih.


Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah ditanya tentang seseorang yg lupa mengerjakan shalat atau tertidur. Beliau menjawab: Dia harus mengerjakan shalat ketika dia mengingatnya. HR Ibnu Majah 701. Shohih.


Rasulullah melihat seorang laki-laki berwudlu dan dia melewatkan sebuah tempat seluas kuku di kakinya, maka beliau memerintahkannya untuk mengulangi wudlu dan shalatnya. HR Ibnu Majah 672. Shohih.


Rasulullah bersabda: Tidak diharuskan berwudlu kecuali mendengar suara atau terasa anginya. HR Ibnu Majah 521. Shohih.


Aisyah berkata: Adalah Rasulullah berpuasa di bulan Sya'ban kecuali sedikit. . HR An-Nasa'i 2355. Shohih.

Rasulullah bersabda: Apabila makan sore telah dihidangkan dan telah tiba waktu shalat, maka kalian makanlah dahulu sebelum menunaikan shalat maghrib, dan janganlah kalian tergesa-gesa untuk meninggalkan makan sore . HR Muslim 557.


Rasullah bersabda: Siapa yang menyempurnakan wudlu sebagaimana yang diperintahkan Allah, maka Shalat-shalat maktubat menjadi perhapus dosa-dosa yang ada diantarannya. HR Muslim


Rasulullah shalat dhuha 4 rakaat, dan beliau menambah rekaat sekehendaknya. HR Muslim


Abu Bakar berkata kepada Rasulullah: Ajari aku doa untuk aku baca dalam shalatku. Beliau bersabda: Ucapkan_Allaahumma innii dholamtu nafsii dhulman kabiira wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta, faghfirlii maghfirotan min indika warhamnii, innaka antal ghofurur rohiim. HR Muslim 4876.
Rasulullah bersabda: Apabila salah seorang dari kalian mehadiri shalat sedangkan imam berada pada suatu keadaan , maka hendaklah ia berbuat sebagaimana yang diperbuat oleh imam. HR At Tirmidzi 591. Shohih.> Apabila imam sedang sujud, maka sujudlah, dst.


Hamzah bin Amr Al Aslamy berkata: Wahai Rasulullah, Aku mendapati kekuatan pd diriku untuk puasa dalam keadaan safar, Apakah saya berdosa. Rasullah menjawab: itu adalah rukhshah/ keringanan. Siapa mengambilnya, maka itu baik. Dan siapa suka puasa , maka tidak ada dosa baginya. HR Muslim 1121

Rasulullah brsbd: Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat. HR Al-Bukhari 631.


Anas berkata: Aku pernah shalat bersama Rasulullah saw., Abu Bakar, Umar, dn Ustman, namun aku tidak mendengar salah satu dari mereka membaca: Bismillaahir rahmaanir rahiim. HR Muslim 916.
[Basmalah tidak dibaca dengan jahar/keras dalam shalat, namun dibaca dengan suara lirih]


Rasulullah bersabda: Barangsiapa shalat tanpa membaca ummul qur'an , maka shalat tersebut kurang Angkat tangan boleh juga setelah takbir.


Ibnu Umar berkata: Apabila Rasulullah berdiri untuk shalat, beliau mengangkat kedua tangannya sampai sejajar dengan kedua bahunya, kemudian beliau bertakbir. HR Muslim 888.
> Mengangkat tangan boleh juga sebelum takbir.


Rasulullah bersabda: Sesungguhnya tidak sempurna shalat seseorang sampai dia berwudlu sebagaimana mestinya , kemudian bertakbir ... . HR Abu Dawud 857. Shohih.
>Takbir diucapkan imam dan makmum.


Rasulullah mengangkat kedua tangannya sejajar dengan kedua pundaknya ketika memulai shalat dan bertakbir untuk rukuk. Apabila bangkit dari rukuk beliau mengankat kedua tangan juga dan mengucapkan: sami'allaahu liman hamidah. Beliau tidak mengangkat kedua tangan ketika hendak sujud. HR Bukhari 735.


Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam apabila membaca [Alfatihah sampai] "waladh dhoolliin", beliau mengucapkan: Aamiin, dan mengeraskan suaranya. HR Abu Dawud 932. Shohih.


Rasululloh bersabda: "Sebesar-besar pahala shalat seseorang itu adalah mereka yang paling jauh berjalan melangkahkan kakinya untuk shalat." HR.Bukhari_651.


Rasululloh bersabda: "Siapa yang keluar rumah & sudah berwudlu menuju shalat (wajib), maka baginya pahala seperti pahala orang yang berhaji." HR.AbuDaud_558_hasan.

HADITS TENTANG PUASA

Rasululloh bersabda: "Jangan kalian mendahului Ramadlan dengan puasa 1 atau 2 hari, kecuali ia berpuasa pada hari yang ia terbiasa puasa padanya..." HR.Muslim_2570


Rasululloh bersabda: "Apabila ia berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, dan janganlah berbicara yang tidak ada gunanya." HR.Bukhari_1771


Rasululloh bersabda: "Bagi orang yang berpuasa ada Dua kegembiraan, ketika berbuka ia senang, dan ketika bertemu Alloh ia bahagia dari sebab puasanya." HR.Bukhari_1771


ORANG PINGSAN, batalkah shoumnya?
Syeikh Syihabi: jika pingsan saat masa shoum & sadar saat shoum juga (sblm maghrib) maka tidak batal shoumnya.


NIAT SHOUM ROMADHON:
1. Harus tiap malam .
2. Hukup malam pertama romadhon .
Yang jelas, niat itu amalan hati, tidak di lafadl lisan.
3. SYEIH SYIHABI : -shoum Romadlon, niatnya wajib dimalam harinya.
4. shoum sunnah, boleh dipagi harinya sampai Sebelum tergelincir matahari.


Rasulullah bersabda: Barangsiapa puasa 6 hari setelah idul fitri , maka bagaikan puasa 1 tahun penuh. Barangsiapa melakukan 1 kebaikan, maka baginya 10 yang semisalnya. HR Ibnu Majah 1715. Shohih.


Nabi shallallahu 'alihi wa sallam apabila pada hari id, beliau menyelisihi jalan . HR Al-Bukhari 943

Para sahabat Rasulullah apabila mereka saling bertemu pada hari idul mengucapkan: Taqabbalallahu minna wa minka.



Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak keluar/berangkat pada hari idul fitri sampai beliau makan. Dan tidak makan pada hari idul adha sampai beliau melaksnakan shalat. HR At-Tirmidzi 342. Shohih.


Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang menunaikan zakatnya sebelum shalat id, maka ia merupakan zakat yang maqbul/diterima Allah. Dan barangsiapa menunaikannya setelah shalat id, maka ia shadaqah sebagaimana biasanya. HR Abu Dawud 1371. Shohih.



Adalah merupakan kebiasaan Nabi, ketika ada orang yang datang mengantar sedekahnya, beliau mendo'akan: "Allaahumma Sholli 'ala aali fulan" (Ya Allah limpahkan rahmatmu kepada keluarga si Fulan/nama pengantar sedekah). HR Al-Bukhari 1497.


Kapan wajib zakat fitri?
Ahli fiqih sepakat bahwa zakat fitri wajib pada akhir ramadlan.
Rasulullah memerintahkan supaya zakat fitri ditunaikan sebelum orang-orang keluar berangkat menuju tempat shalat . HR Muslim 2335.



Rasulullah mewajibkan zakat fitri sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari hal-hal yang sia-sia dan hal-hal yang keji , dan pemberian makanan kepada orang-orang miskin. HR Abu Dawud 1611. Hasan.



Rasulullah brsbd: Kalian carilah lailatul qadar pada 9 hari yang tersisa , atau 7 hari yang tersisa, atau 5 hari yang tersisa. HR Al-Bukhari 2021.
> Mari penuhi malam-malam kita dengan ibadah. Semoga bertepatan dengan lailatul qadar. Amin



Ditanyakan kepada Ubay bin Ka'ab: Bagaimana anda tahu bahwa lailatul qadar itu pada malam 27? Dia menjawab: Ya. Rasulullah mengabarkan kepada kami bahwa lailatul qadar adalah suatu malam yang pada pagi harinya matahari akan terbit tanpa ada sorot sinar. Kami pun telah menghitung dan menghafalnya. HR At-Tirmidzi 723. Shohih.


Rasulullah brsbd: Kalian carilah lailatul qadr pada 10 hari terakhir . Jika salah seorang dari kalian lemah atau gagal, maka janganlah ia terlewatkan pada 7 hari yang tersisa. HR Muslim 1989.
> Nanti adalah malam ke 23. Semoga kita berhasil mendapatkan lailatul qadr. Amien..



Apabila memasuki 10
hari terakhir , Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengencangkan ikat pinggang , menghidupkan malamnya , dan membangunkan istri-istrinya . HR Al Bukhari 2024.


Rasulullah biasa i'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadlan sampai beliau wafat. Kemudian para istrinya i'tikaf sepeninggal beliau. HR Al-Bukhari 2026.


Rasululullah berhijamah sedangkan beliau dalam keadaan puasa. HR Abu Dawud 2372. Shohih


Rasulullah didapati ketika sampai di desa 'Arj, beliau menuangkan air di kepala karena haus atau panas, sedangkan beliau pada saat itu dalam keadaan puasa. HR Ahmad 23699. Al-Arna'uth mengatakan: Shohih.
Kejadian ini di bulan Ramadlan pada Peristiwa Pembebasan Kota Makkah.


Nabi apabila berbuka berdo'a: Allahumma laka sumtu wa 'ala rizqika aftharthu. . HR Abu Dawud 2011. Al-Albani mengatakan: Dlaif.


Mualailah buka dengang mengucap bismillah.
"Apabila salah seorang kalian makan, maka hendaklah menyebut asma Allah " HR Abu Dawud 3769. Al-Albani mngatakn: Shohih.
Ibnul Mubarak: Hadits shohih cukup menyibukkan kami dari yang dlaif.


Ini yang Shohih....
Rasulullah bersabda: 3 doa yang terkabulkan: Doa org puasa. Doa musafir , dan doa orang yang terdholimi. HR Al-Baihaqi 3323. Al-Albani mengatakan: Shohih.
Ayo.. Perbanyak doa.. Semoga doa kita terkabulkan.. Aamiiiin..


Awas! Hadits Dlaif lho..
Rasulullah bersabda: Tidurnya orang puasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amalnya dilipat gandakan, doanya dikabulkan, dosanya diampuni. HR Al-Baihaqi 3652. Al-Albani mengatakan: Dlaif/Lemah.


Rasulullah bersabda: Barangsiapa muntah sedang dia dalam keadaan puasa, maka dia tidak wajib mengganti puasa. Namun jika dia bersengaja untuk muntah, maka dia wajib mengganti puasanya. HR Ibnu Majah 1676. Al-Albani mengatakan: Shohih.
> Puasa menjadi rusak/batal bukan karena sesuatu yang keluar, namun karena sesuatu yang masuk. Baik makanan atau yang lain.


Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam apabila berbuka pada suatu kaum beliau mendo'akan: "Mudah-mudahan orang yang berpuasa senantiasa berbuka di rumah kalian dan mudah-mudahan para malaikat mendoakan kebaikan atas kalian." HR Ath-Thabrani 13. Al-Albani mengatakan: Shohih.



Rasulullah bersabda: Puasa dan Alquran akan memintakan syafaat untuk hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: Ya Rabbi, sungguh aku telah mencegahnya dari makan dan syahwat di siang hari, maka terimalah syafaatku untknya. Alquran berkata: Ya Rabbi, aku telah mencegahnya dari tidur di malam hari, maka terimalah syafaatku untuknya. Lalu diterimalah syafaat keduanya. HR Ahmad 6626. Al Albani berkata: Shohih.
Subhanallah.. Semoga kita mendapat syafaat. Aamiin..


Rasulullah berbuka dengan beberapa ruthob sebelum pergi SHALAT, jika tidak ada ruthab, maka dengan tamr , jika tidak ada kurma, beliau minum beberapa teguk air. HR Abu Dawud 2357. Albani mengatakan: Shohih.


Rasulullah bersabda: Barangsiapa memberikan buka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala semisal pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun. HR At-Tirmidzi 735. Al Albani: Shohih.


Rasulullah brsbd: Demi Allah, sungguh bau busuk mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di hadapan Allah daripada minyak wangi. HR Al-Bukhari_1904.
Subhanallah, amat mulianya orang yang berpuasa. Semoga Allah meridhai kita semua. Amin.


Hamzah Al Aslamy berkata: Wahai Rasulullah, aku mendapati bahwa diriku kuat untuk puasa walaupun dalam keadaan safar/berpergian jauh, apakah aku berdosa? Rasulullah menjawab: Buka/membatalkan puasa ketika safar adl rukhshah/kringanan. Siapa mengambilnya, maka itu baik. Siapa suka melanjutkan puasa, maka tidak ada dosa atasnya. HR Muslim 2685.


Salah seorang sahabat Nabi bercerita: Aku pernah berkunjung ke rumah Rasulullah saw. sedangkan beliau dalam keadaan makan sahur, lalu beliau bersabda: Sesungguhnya makan sahur adalah barakah yg Allah mengkhususkannya bagi kalian, maka jangan kalian mninggalkannya. HR An-Nasa'i 2133. Al Albani brkt: Shohih.



Rasulullah bersabda: Sebaik-baiknya menu sahur seorang mukmin adalah tamr/kurma. HR Abu Dawud 2345. Shohih. Dinilai shohih olh Al Albani.


Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan bohong, maka Allah tdk berkeperluan untuk mnerima terhadap apa yang ia lakukan dari meninggalkan makannya dan minumnya . HR Al Bukhari 1770.


Rasulullah brsbd: Pemisah/pembeda antara puasa kita dan ahli kitab adalah makan sahur. HR Muslim 2604.
"Bersahurlah kalian, sebab di dalam sahur terdapat barakah". HR Bukhari 1923.


Rasulullah bersabda: Tidak ada puasa bagi orang yangg belum meniatkannya sejak malam hari. HR Ibnu Majah 1770. Shohih. Dishohihkan olh_Al Albani_
Puasa yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah puasa wajib



Abu Umamah: Aku datang kepada Rasulullah dan berkata, "Perintahkan kepada aku suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam jannah". Beliau bersabda: "Berpuasalah, sebab ia adalah amalan yang tidak ada bandingnya". Kemudian aku datang yang ke 2x, maka beliau bersabda: "Bepuasalah." HR Ahmad 22203. Dinilai Shohih oleh Al Arna'uth


Rasulullah bersabda: Suhuf ibrohim diturunkn pada malam pertama dari bulan ramadlan. Taurat diturunkan setelah lewat hari ke 6 pada bulan ramadlan. Injil diturunkn setelah lewat hari ke 13 pada bulan ramadlan. Zabur diturunkan setelah lewat hari ke 18 pada bulan ramadlan. Dan Alquran diturunkan setelah lawat hari ke 24 pada bulan ramadlan. HR Ath-Thabrani 3740.



Anda sedang membaca artikel tentang Macam - Macam Hadits, Hadits Tentang Puasa dan Sholat. dan anda bisa menemukan artikel Macam - Macam Hadits, Hadits Tentang Puasa dan Sholat. ini dengan url http://walfchild.blogspot.com/2011/11/macam-macam-hadits-hadits-tentang-puasa.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Macam - Macam Hadits, Hadits Tentang Puasa dan Sholat. ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Macam - Macam Hadits, Hadits Tentang Puasa dan Sholat. sebagai sumbernya.

Dapatkan artikel terbaru Ahmad Farid's Blog via RSS. Masukkan alamat email anda di bawah ini lalu tekan subcribe:

Related Post:

Komentari



Bookmark and Share

Responses

0 Respones to "Macam - Macam Hadits, Hadits Tentang Puasa dan Sholat."

Post a Comment

 

About Me

My Photo
Ahmad Farid
I am Ahmad Farid. I came from Jepara but i live in Segawe. I love sharing so, I will share my science in this site.

Followers

Return to top of page Copyright © 2012 | Juscinth Grey Template design by Segawe Cyber Team